Sabtu, 11 Juli 2015

DAMPAK KURANG MINUM AIR/CAIRAN

TOGELKOREA - Tubuh kita mengandung air/cairan sekitar 80 persentase. Air memiliki peran sangat penting untuk kesehatan, karena membawa gula, nutrisi, hormon ke seluruh tubuh, melumuri sendi, dan membantu mengeluarkan limbah tubuh. Setiap hari tubuh kita banyak mengeluarkan cairan melalui urin, kotoran, serta penguapan melalui permukaan kulit.

Dengan demikian penting untuk selalu mengisi cairan tubuh dengan cara minum air atau cairan,  dan mengkonsumsi makanan yang tinggi air untuk mencegah dehidrasi. Gejala dehigrasi seperti urin berwarna kuning gelap dan jumlahnya relatif sedikit, mulut terasa kering atau lengket, mata sepet/perih, sayu dan cekung karena kelenjar air mata tidak berproduksi, keletihan, sakit kepala, pusing, meningkatkan resiko gagal ginjal sudah tidak lagi melakukan fungsi utamanya, yaitu menyaring racun dan kotoran sisa tubuh dari darah.

Minum banyak air/cairan membuat anda sering buang air kecil, yang bisa mengeluarkan batu ginjal sebelum berkembang menjadi besar dan menyebabkan penyumbatan faktor penyebab kerusakan ginjal akut. Minum air dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan ginjal. Resiko lain akibat sering kurang cairan adalah infeksi saluran kemih atau kandung kemih, hal ini mungkin karena kotoran yang terlalu lama menumpuk atau menempel tidak segera terbersihkan oleh urin yang bisa menyebabkan iritasi sehingga rentan memicu infeksi oleh bakteri untuk mendapatkan cukup cairan. Jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi setiap hari untuk mengurangi resiko kesehatan yang terkait kurang asupan cairan agar tubuh memperoleh cairan yang memadai. Kita perlu minum beberapa gelas cairan setiap hari. Dua liter air dalam sehari atau bisa lebih jika sambil melakukan aktifitas fisik. Asupan cairan bisa berasal dari makanan, minum air putih, air kelapa,  makan-makanan tinggi air seperti buah dan sayuran, serta mencakup minuman seperti kopi atau teh. Jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi untuk mencegah beragam masalah kesehatan yang mungkin bisa berakibat fatal. (kk)


WWW.RUMAH4D.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar